Oleh: Redo Rizaldi | Desember 15, 2010

Cemara dan sikap positif akan diri sendiri


Tulisan kali ini atas saran seseorang agar menceritakan pengalaman saya kemarin sore dengan anak-anak dari CEMARA; CodEdaMAianak-anakCeriA.

CEMARA adalah sebuah komunitas sosial yang dibentuk oleh orang-orang yang peduli dengan permasalahan sosial di daerah Kali Code Yogyakarta, terutama masalah anak-anaknya, pendidikan mereka, karakter lingkungan, serta potensi mereka yang sering kali terabaikan oleh tekanan sosial ekonomi di daerah bantaran kali tersebut.

Sebuah komunitas yang luhur saya yakini itu, sore kemarin saya melihatnya sendiri, teman dan temannya yang merupakan bagian dari komunitas CEMARA ini asyik untuk peduli dengan beberapa anak kecil dari tempat itu, membimbing mereka belajar, membantu mengarhakan pekerjaan rumah dari sekolah mereka, serta berinteraksi dengan orang-orang dari lingkungan disana.

Saya sendiri ikut, namun baru sekedar mengenal, teman saya berusaha mengajak untuk bergabung dalam komunitas ini, mereka kekurangan personil untuk memaksimalkan upaya program mereka di tempat itu.

Ajakan tersebut sebenarnya menarik, mengingatkan saya ketika masa KKN kuliah saya beberapa tahun yang lalu, mengingatkan juga saya pernah punya semangat yang sama beberapa tahun yang lalu, saya selalu antusias dengan masalah sosial terutama masalah pendidikan anak-anak.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini bukanlah masa terbaik saya sebagai manusia.

Selama ini meski saya seorang introvert, saya selalu berusaha membuka diri untuk berhubungan dengan masyarakat, selalu berusaha.

Sampai permasalahan diri serta permasalahan di kampung halaman saya yang membuat diri ini semakin menarik diri dari masyarakat, skeptis juga semakin tidak percaya pada masyrakat terlebih diri sendiri.

Jadi ketika ada seseorang yang mengajak saya untuk menjadi bagian dari solusi orang lain, saya bertanya-tanya sendiri di dalam hati, bagaimana bisa saya menyelesaikan masalah sosisal ekonomi mereka, sementara saya sendiri belum bisa menyelesaikan masalah diri sendiri.

Bahkan kalau dilihat dari tulisan-tulisan saya yang terkahir di blog ini bisa dilihat dengan gamblang, saya lebih semakin memikirkan diri sendiri ketimbang masalah diluar dari itu.

Saya mencoba menarik nafas dalam-dalam ketika menulis bagian yang akan saya tulis ini, yang merupakan saran yang lain dari teman saya selain menuliskan pengalaman dengan anak-anak CEMARA, yakni berpikir lebih positif daripada sibuk berpikir skeptis dan negatif.

Bahwa saya, akan menjadi bagian dari solusi orang lain, sembari terus mencari solusi buat diri sendiri.

bagimana?

terdengar positif dan meyakinkan?

CEMARA

Kali COde Damai Anak-anak Ceria


Tinggalkan Balasan

Kategori

