Oleh: Redo Rizaldi | Januari 26, 2010

Membangun Komunitas


Beberapa hari ini saya sedang direcoki oleh orang-orang terdekat untuk membangun sebuah komunitas, dengan orientasi sosial kemasyarakatan. Mungkin melihat besarnya ketertarikan saya dalam berbagai pembicaraan dengan mereka akan kondisi kota kelahiran saya. Pilkada yang akan dihelat dua bulan lagi juga menjadi perhatian saya, melihat kandidat yang belum memuaskan, juga sikap Masyarakat Ketapang yang apatis atau ada juga yang oportunis.

Intinya, mereka mengusulkan untuk saya membentuk sebuah wadah aspirasi saya tersebut, yang berbadan hukum, sehingga setiap pergerakan memiliki dasar yang kuat.
Pemikiran untuk membangun sebuah komunitas sosial kemasyarakatan sebenarnya sudah lama bersarang di dalam kepala saya, namun bertahun-tahun terkendala banyak hal, terutama mental.

Komunitas

Saat ini apalagi, orang-orang yang selama ini dalam keyakinan saya satu visi dan misi untuk membangun Ketapang telah berguguran. Berdamai dengan kenyataan hidup di kota ini dan telah menganggap seluruh cita-cita yang pernah diungkapkan satu sama lain sebagai omong kosong belaka. Jikalau pun ada, merasa tidak perlu bergerak bersama-sama, dengan berkeyakinan di masa depan dan tidak sekarang, mampu merubah kota ini sendiri.

Pemahaman ini yang saya dapatkan beberapa bulan terakhir ini setelah berada di kota ini dan kembali bertemu dan berbicara dengan orang-orang yang dulu saya percaya tersebut. Sebuah kenyataan yang harus saya terima juga, namun dengan tanda koma, yakni akan tetap terus berjuang, dalam tulisan, dalam pembicaraan, dalam langkah yang bisa dilakukan, untuk bukan menjadi lebih baik dari orang lain, tapi menjadi diri sendiri, apa pun itu.

Semoga!


Tinggalkan Balasan

Kategori

