Oleh: Redo Rizaldi | Oktober 6, 2009

Masih Tentang Energi Alternatif


Green Alternative Energy

Energi alternatif yang kita bicarakan ini tidak berbeda sama sekali dengan yang sudah dibahas bertahun-tahun, bahkan oleh pakar-pakarnya.

Energi untuk membuat hidup kita nyaman, penerangan dimalam hari, untuk menyalakan komputer, televisi, pendingin atau berbagai jenis alat-alat elektronik yang kita “butuh” kan. Untuk memasak makanan atau menjalankan kendaraan.

Dasawarsa ini juga, kaitannya dengan isu lingkungan hidup, Energi alternatif diharuskan mendukung hal tersebut. Oleh karena itu penggunaan minyak kelapa sawit dan sejenisnya yang disebut dengan biodiesel, memancing polemik karena dampak dalam jangka panjang yang diakibatkan meluasnya lahan kelapa sawit atas tuntutan pasar, menyebabkan banyak lahan-lahan hutan yang seharusnya menjadi paru-paru dunia menjadi kritis.

Jadi, saat ini kita fokus kan tulisan ini kepada “Green Alternative Energy” dimana saya juga tidak akan menulisnya dengan detail, hanya mengingat kembali saja, ide besar ini, yang masih sulit diwujudkan dalam jangka pendek, terus menerus hingga berhasil.

Yang paling membuat saya penasaran adalah penggunaan cahaya matahari dengan Panel Surya. Dewasa ini bahkan panel surya juga menjadi sekaligus pelindung sebuah bangunan pengganti atap konvensional.

Panel Surya sebagai atap pelindung bangunan

Tekhnogi Turbin Angin

Masih ada lagi tekhnologi angin dan tekhnologi yangmenggunakan arus air terjun, laut, bahkan sungai.

Mungkin mahalnya teknologi-tekhnologi tersebut membuat masih sedikit yang memanfaatkannya, tapi tidak berarti sistem pelistrikan kita yang sekarang lebih baik.

Perlunya sosialisai yang luas, dukungan banyak pihak, tidak hanya pemerintahan, tapi ormas, pemuka atau tokoh masyarakat untuk menyadarkan pentingnya “Green Alternative Energy”

Tidak bisa menulis banyak tentang hal ini, permasalahan bukan lagi pada perkara tekhnis, tapi permasalahan pada kemauan untuk mewujudkan.

PS: Asal tidak seperti kisah dongeng Blue Energy saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: