Oleh: Redo Rizaldi | Oktober 1, 2009

Ada Polisi Baik di Ketapang


POLRI untuk Negara Indonesia Polisi Polisi

Selama ini, seumur hidup saya, secara pribadi, bertemu dengan banyak polisi, tidak di Kalimantan, tidak di pulau Jawa ini, susah untuk percaya dengan dedikasi mereka.

Sore kemarin, saya bertemu dengan seseorang di FB, seseorang yang sudah lama tidak bersua, bahkan sampai sekarang secara langsung.

Seseorang ini adalah adik perempuan teman bermain saya di masa kecil dulu. Ia tidak hanya telah dewasa, tapi juga telah menikah dan mempunya seorang anak. Ia adalah isteri dari seseorang yang tidak saya kenal, namun pekerjaannya sangat akrab sekali di masyarakat. Dalam terjemahan baiknya, pekerjaan suaminya adalah seorang pelayan atau pengayom masyarakat, namun sayangnya dalam terjemahan sehari-hari, pekerjaan ini identik dengan pekerjaan yang culas dan bejat.

Polisi-nama pekerjaan itu-adalah merupakan sosok yang dibenci namun dibutuhkan oleh masyarakat. Saya bertanya langsung tanpa basa-basi, seperti apakah suaminya itu sebagai polisi? ia dengan tenang meyakinkan, suaminya adalah polisi yang baik, kalau pun tidak, itu karena tuntutan komando dari atasan, ujar isterinya ini beralasan.
Saya percaya saja, saya benarbenar percaya saja, saya butuh itu. Polisi di Kota Ketapang punya reputasi teramat buruk. pada kasus pembalakan liar yang diliput besar-besaran oleh media nasional, Polisi daerah Ketapang tidak dipercaya oleh Polisi Pusat, tidak satu pun polisi daerah pada waktu kejadian memalukan itu dilibatkan, bahkan pada proses kasusnya, Kapolres yang menjabat pada waktu itu dicopot dan digantikan.

Indikasi itu sangat berbekas di dalam hati banyak orang, terutama orang-orang Ketapang, bahwa polisi yang seharusnya mengayomi, justru menghancurkan kepercayaan masyarakat dengan menjadi bagian dari ketidakberesan yang terjadi kota tersebut.

Jadi kenapa saya harus percaya jika ada seorang perempuan yang sudah lama tidak saya temui, seorang isteri polisi yang jelas akan memandang baik dan berucap baik tentang suaminya, kenapa saya harus percaya dengannya?

Well, selain memori ringkas saya tentang dia dan keluarganya yang berkesan sangat baik, sekali lagi saya hanya bisa mengatakan saya harus percaya akan hal tersebut, tidak ada ruginya bersikap seperti itu, sedikit sinar putih dari seseorang di jabatan yang dikelilingi lumpur itu harus selalu kita perhatikan. sedikit kebaikan dari orang yang bergelut dibidang tersebut harus kita pelihara, seperti mutiara, pekerjaan ini berdasarkan tujuan yang baik, hanya kemudian menjadi pencoleng dan pelacur karena kondisi sistem kita yang memperbolehkannya, bahkan mengharuskannya.

Sore itu hati saya berbunga-bunga. saya akan pulang ke kampung halaman segera, saya akan berusaha menemui mereka, terutama suaminya, saya akan melihat dengan mata kepala sendiri, apakah kepercayaan saya ini boleh diteruskan, atau kah akan padam dalam sekejap, saya tidak boleh tidak untuk mencobanya.

Memiliki seorang polisi baik di sebuah kota adalah anugerah untuk kota Ketapang, jangan disingkirkan, jangan disia-siakan.


Responses

  1. polisi baik adalah polisi tidur yg efektif mengurangi balapan liar di areal perumahan

    Tapi polisi tidur juga mengganggu orang yang tidak kebut2an, yang juga ingin perjalanannya mulus dan lancar

    tergantung darimana perspektif kita melihat 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: