Oleh: Redo Rizaldi | September 28, 2009

Luring Project: Sequel Thought


Luring Logo

Melanjutkan tulisan yang sebelumnya, tentang rencana saya membuat sebuah majalah/bulletin/koran yang profitable di kampung halaman saya di Ketapang Kalimantan Barat.

Pagi ini saya menemukan majalah gratis tergeletak di meja salah satu kolega saya. Sedikit menyegarkan memori saya akan bentuk, format yang dapat menjaga spirit dan ide saya agar kelak bisa diwujudkan.

Perhatian saya terletak pada konsep iklan yang ditawarkan, letak gambar maupun tulisannya, serta kandungan informasi yang harus ada di sebuah majalah yang menarik.

1. Jadi kalau pun diwujudkan, Majalah ini bisa gratis tapi tetap menguntungkan asal iklannya jalan.
Hmm…hal ini bisa didapatkan dari beberapa jenis usaha yang ada kaitannya dengan dunia internet, tapi tetap tidak menutup kemungkinan untuk jenis usaha yang lain.

2. Masalah tata letak juga, nampaknya harus berani mengeluarkan majalah yang full colour (berapa ya biaya nya?) serta tampilan yang artistik dan menarik (harus cepat2 mahir software pagemaker atau indesgin nih)

3. Informasi selain dari dunia internet, juga harus ada kandungan lokalnya, beberapa event atau kegiatan di kota Ketapang harus dijadikan liputan.

4. Pick Up Point nya juga harus strategis, tempat keramaian di kota Ketapang tidak banyak, beberapa hotel, beberapa mini market, satu supermarket, beberapa rumah makan, asal mampum membangun hubungan dengan pihak-pihak dalam jenis usaha tersebut.

5. Bahasanya harus bisa menyampaikan informasi dengan baik, bahasa Indonesia baku, sedikit bahasa asing, dan campuran bahasa lokal untuk mendekat kan media dengan pembaca.

6. Informasi yang diberikan harus benar-benar bermanfaat, untuk mengenalkan manfaat dunia internet kepada masyarakat, seperti pengetahuan umum, hiburan cerdas, resep, tips atau trik.

Sampai disini saja dulu, selebihnya jika ada ide baru, atau konsep baru, akan saya revisi tulisan ini tanpa malu-malu.


Responses

  1. bulletin khas ketapang bole juga tinggal ngumpulin budak budak yang bise di ajak bikin ni buletin gak perlu rame….trus base camp nye juga….kayak nye seru nih……

    Makasih dal, hanya saja kalo perkara ngumpulin anak2 yg lain yang usah ini, dana nya terbatas :p

  2. hai,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, tulisan yang oke🙂
    salam kenal yaa

    Terima Kasih sudah berkenan untuk mampir🙂

  3. lanjutkan do!


Tinggalkan Balasan

Kategori

