Oleh: Redo Rizaldi | Mei 11, 2009

Menulis (yang telah tidak tertulis)


Tulisan.

Kemarin malam, membaca beberapa email dari orang-orang yang pernah berhubungan dengan masa lalu ku, terutama dalam dunia forum di dunia maya, saya terkejut sekaligus terpesona sendiri dengan kata-kata mereka, tentang bagaimana saya berbakat dalam menulis, tulisan saya bisa mempengaruhi orang lain meskipun menurutnya ke arah yang menyesatkan.

Email-email itu sudah 4 tahun yang lalu, balasan dari saya pun ternyata tidak kalah mengejutkan bagi diri saya sendiri. Kata-katanya begitu unik, penuh dengan kejutan-kejutan dan ledakan di dalamnya. Begitu segar, bebas, cerdas.

Kemanakah kemampuan itu sekarang ini, kenapa seperti hilang tak berbekas?

Di masa-masa sekarang ini saya banyak menulis tulisan fiksi, sesuatu yang empat tahun yang lalu justru jarang saya lakukan. Apakah ini pengaruhnya?

Dalam masa-masa penulisan fiksi ini ada beberapa yang memuji, duh saya perhatian benar ya dengan pujian-pujian itu.

Mungkin karena saya butuh arah, pujian-pujian itu seperti menunjukkan dukungan bahwa dunia tulis menulis adalah dunia saya.

Tapi belakangan ini, tulisan saya seperti tidak berkembang, atau bahkan seperti mati di jalan.

Tidak ada kejutan, hanya barisan kata-kata karena sebuah keharusan.

Keharusan harus produktif, keharusan harus menghasilkan.

Keharusan untuk mendapatkan pujian yang semu itu, dan terlena setelah nya lalu menulis yang itu-itu saja, tanpa kemajuan yang mampu dibanggakan sekaligus dapat menghidupi anak isteri.

Ada saran dari beberapa teman untuk mencoba menyerahkan tulisan-tulisan ku ke media massa, menjadi wartawan misalnya, tapi sepertinya juga saya tidak tahu mesti memulainya dari mana, kalau bicara masalah menulis fakta, sebuah ulasan mengenai peristiwa dari sebuah fakta atau fenomena, saya tidak cukup percaya diri, sekali lagi, tidak seperti empat tahun yang lalu.

Kalau sekedar melemparkan opini, saya sudah tidak punya ide segar lagi bertahun-tahun, bahkan saya berada pada titik jenuh bahwa tulisan saya itu hanya sebatas omong kosong belaka, tulisan yang secara teori bisa diakui, tapi tidak bisa mempengaruhi apa pun.

Hah! Hari ini hanya mencoba melepaskan ganjalan di hati yang mengganggu selama ini.

Tapi tidak yakin bakal menghilangkan ganjalan itu.

Fuckj!!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Kategori

